Relevansi Kata Kunci KEYWORD di Website Untuk Mengoptimalkan SEO Friendly

Pentingnya Relevansi Kata Kunci SEO Friendly


Dalam melakukan pengoptimalan SEO di Website kalian atau secara on page, hal yang perlu di ingat adalah relevansi antara keyword dengan isi informasi atau konten yang kalian sajikan di dalam teks. Sebelum lebih dalam, kalian sudah mengerti tentang keyword atau kata kunci? Kata kunci secara gampangnya adalah sebuah kata yang akan kalian targeti dengan pencarian yang tertinggi.

Biasanya seseorang dalam mencari sebuah informasi di mesin pencari seperti Google, mereka akan memasukan kata-kata yang ada di kolom pencarian mesin SERP tersebut karena mereka tidak tahu harus memasuki website mana. Dengan kata pencarian yang banyak atau tinggi tersebut tentunya membuat kita memiliki hasrat untuk membuat artikel mengenai kata kunci tersebut.

Biasanya dalam membuat artikel dengan kata kunci yang tinggi pencariannya memiliki pesaing yang hebat dan tidak mudah lho teman-teman. Para kompetitor yang menjalankannya pun juga berbeda level dengan para bloger baru, mereka lebih terstruktur dalam pengoptimalan website. Jadi kalau kalian menargetkan kata kunci yang tinggi, tentunya bisa memakan waktu yang cukup lama agar muncul di mesin pencari di halaman pertama.

Kata kunci pun memiliki beberapa jenis yang bisa kalian gunakan untuk keyword di artikel. Dengan memiliki banyak jenis kalian bisa sesuaikan dengan keinginan kalian dalam menggunakan kata kunci tersebut.

Jenis Kata Kunci Keyword SEO Friendly

Dalam menentukan kata kunci tentunya kita harus memiliki strategi dalam mengoptimalkan artikel tersebut.  Disini tertedapat beberapa jenis kata kunci yang sering digunakan oleh para SEO Specialist:

1. Shortail Keyword atau Kata Kunci Pendek

Pertama adalah Shortail Keyword atau Kata Kunci Pendek, disini kalian bisa menggunakan jenis kata kunci ini untuk menargetkan 1 sampai 3 kata saja. Tentu saja dengan tiga kata, memiliki pesaing yang sangat kompetitif dan juga berat untuk dilakukan

Biasanya, kata kunci ini dilakukan oleh para pemain yang berkecimpung di dunia bisnis untuk meningkatkan brand awarness mereka. Contohnya seperti Jasa Pembuatan Website. Dengan kata kunci seperti itu tentunya para pesaing yang menjadi kompetitornya juga sangat banyak

Kelemahan kata kunci seperti itu selain memiliki pesaing yang kuat, tentu saja kata kunci itu belum secara mengerucut. Masih universal jadi orang biasanya akan menambahkan kata-kata untuk memperjelas keinginannya.

2. Longtail Keyword atau Kata Kunci Panjang

Longtail keyword ini tentunya bisa kalian pahami ya dengan namanya yang longtail tentu saja kata kunci ini memiliki kata yang panjang. Biasanya untuk kata kunci seperti ini memiliki 3 sampai 5 kata untuk dijadikan keyword. 

Kata kunci ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang baru belajar SEO sebab dengan pesaing yang tidak terlalu tinggi seperti shorttail keyword, kata kunci ini juga lebih spesifik dan jelas.

Selain itu, kata kunci ini juga sangat relevan yang bisa diterapkan pada isi website ataupun konten yang akan kalian sajikan di website.  Memiliki pesaing yang tidak terlalu tinggi membuat kalian bisa mendapatkan peluang untuk berada di posisi rangking pertama di mesin pencarian.

3. Keyword LSI atau Kata Kunci LSI

Kata kunci (LSI) atau latent semantic indexing merupakan sebuah kumpulan kata-kata yang pada dasarnya sering ditemukan bersamaan dengan satu topik dan secara keseluruhan saling terhubung antara satu sama lain. Keyword ini juga dikenal sebagai kata kunci turunan.

Contoh gampangnya adalah kata kunci utamanya adalah Jasa Optimasi Website Murah di Jakarta. Turunan dari kata kunci tersebut, harga jasa optimasi website murah di Jakarta, biaya jasa optimasi website murah dijakarta dan sebagainya

Dalam menggunakan kata kunci LSI, kalian harus menentukan dulu keyword yang akan dijadikan sebagai keyword utama. Tetapi kalian juga harus menyiapkan beberapa artikel yang akan dijadikan keyword pendukungnya ya, memang membutuhkan waktu yang lama dalam menggunakan keyword ini dan sangat cocok dijadikan artikel

4. Keyword Persona atau Kata Kunci Persona

Keyword persona merupakan kata kunci yang dikhususkan pada sasaran marketingnya. Kalau diartikan secara bahasa indonesia, persona atau Customer defining keyword adalah sebuah kata kunci yang menargetkan audiences.

Contohnya adalah Tips dan Trick Website Wordpress Terbaru Untuk Para Pemula. Dari contoh kasus keyword ini, tentunya saja target marketingnya adalah para pemula yang ingin mengetahui tips dan trick website wordpress terbaru.

5. Local Keyword Atau Kata Kunci Lokal

Dengan namanya yang local, tentu saja kalian sudah kebayangkan bahwa kata kunci ini memiliki nama tempat. Ya betul sekali! Sebagai contoh Jasa Pembuatan Website Murah dan Terbaik di Depok. 

Tak hanya kota juga sih yang bisa kalian gunakan, seperti negara, provinsi atau kecamatan bisa kalian gunakan dalam kata kunci ini. 

Jika kalian sudah mengetahui beberapa jenis kata kunci, tentu saja kalian bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk kalian gunakan dalam melakukan optimasi website. Jangan lupa, kalau kalian sedang melakukan optimasi website, relevansi kata kunci yang kalian targeti harus sama dan cukup berulang ya! Agar kata kunci yang kalian optimasi bisa dibaca atau di crawling oleh mesin pencari.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setelah Membuat Website, Ada Hal Yang Penting Harus Dilakukan! Yaitu Optimasi Website

Pelayanan Pembuatan dan Optimasi Website Terbaik & Murah di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi